Friday, August 20, 2010

Arti Kata Allah

Kata “Allah” adalah sebuah kata yang terdiri dari kata “Al” dan “illah”. Kata “Al” adalah sama dengan kata dalam bahasa inggris “the” yang menunjukkan sesuatu yang terfokus dan spesifik atau tertentu. Contohnya bilamana kita mengatakan kata “a book” berarti sebuah buku tapi tidak menunjukkan buku tertentu. Tetapi bila kita bicara “the book” berarti buku tersebut tertentu dan specific terfokus terhadap satu buku. Sama korelasinya dengan kata “Al” adalah julukan yang spesifik dari yang maha kuasa.
Kata “illah” tidak berarti tuhan atau suatu object yang disembah, tetapi sesuatu dimana hati kita tertaut.
Illah dari seseorang adalah yang selalu tertaut dalam pikirannya siang dan malam, juga dalam setiap tindakannya. Dalam kata lain illah dari seseorang sangatlah penting dalam kehidupannya sehari-hari.
Berabad-abad, manusia menggunakan kata illah untuk berhala, bintang, api dan bahkan manusia untuk di sembah. Illah pun bisa juga kekayaan dimana hati manusia tertau sebagai status kehidupan yang diagungkan. Manusia bisa mempunyai banyak illah bila dia mengagungkan banyak hal.
Bila digabung dengan kata al, maka kata illah menjadi “Allah” suatu yang spesifik dan unik atau satu.
Allah (SWT) adalah satu, unik, tertentu dan yang berhak sebagai illah dari seluruh ciptaannya. Dialah yang menciptakan kita dan setiap waktu menjaga kita, menyediakan keseluruhan kita bahkan sampai kebahagiaan kehidupan kita.
Jadi, kata “Allah” adalah julukan Sang Maha Kuasa dimana hati, pikiran dan tindakan kita tertaut dan Allah hanya satu, unik dan tidak mempunyai nama.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment